Tips Ibu Hamil Dalam Memilih Makanan Sehat

Mempunyai bayi yang sempurna tentu saja adalah impian setiap ibu hamil. Untuk mewujudkan impian itu, alangkah baiknya jika anda membaca tips memilih makanan sehat untuk ibu hamil ini.

Makanan sehat sangatlah diperlukan oleh ibu hamil muda, karena pada masa kehamilannya janin sangat rentan untuk mengalami keguguran. Karena itu, bagi anda ibu yang sedang hamil, anda harus benar-benar menjaga kesehatan anda, baik secara fisik maupun kenyamanan batin anda.

Bagi anda yang sedang hamil muda, pada umumnya sering merasa mual dan ingin muntah pada pagi hari. Parahnya lagi, pagi hari merupakan kondisi dimana perut anda sedang kosong. Untuk menghindari hal ini, makanlah sesering mungkin, tapi dalam jumlah yang sedikit.

Anda perlu mengingat, seberapapun mualnya perut anda tetaplah makan makanan yang bergizi. Pada masa hamil muda, anda sangat memerlukan asupan gizi yang baik, sehingga janin dapat berkembang dengan baik.

Sebenarnya, seorang ibu hamil perlu mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan plasenta, mencegah anemia, dan yang paling penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI nya.

Ada beberapa tips memilih makanan sehat untuk ibu hamil, diantaranya makanan tersebut harus mengandung 5 zat penting :
·         Karbohidrat
Karbohidrat merupakan unsur penting bagi ibu hamil untuk menambah energinya. Selain itu, karbohidrat juga sangat baik dalam mendukung tumbuh kembangnya janin.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa, seorang ibu hamil memerlukan 285 kilokalori perharinya. Karbohidrat dapat diperoleh dari makanan berupa nasi, jagung, roti, ubi, kentang, dan masih banyak lagi.

·         Protein
Seorang ibu hamil, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berprotein. Hal ini dilakukan untuk membantu proses pembentukkan jaringan tubuh bayi anda dan diri anda sendiri.

Para ahli menyebutkan, pada kondisi normal seorang manusia memerlukan protein sebanyak 1 gr per kilogram berat badannya, dan untuk ibu hamil, dianjurkan anda untuk mengonsumsi 12 gram protein seharinya.

Makanan yang banyak mengandung protein, antara lain : daging, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, kacang kedelai, dan susu.

·         Zat besi
Untuk ibu hamil, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi makanan yang banyak megandung zat besi. Plasenta ibu hamil sangatlah meemrlukan zat besi ini.
Bayi anda memperoleh oksigen dan zat-zat bergizi dari makanan yang anda konsumsi melalui plasenta. Selain itu, anda juga akan kehilangan banyak darah pada saat melahirkan.

Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging, hati, dan sayuran hijau. Sangat dianjurkan bagi anda untuk memilih sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan K

Untuk meningkatkan kandungan ASI, sebaiknya anda mengonsumsi daun katuk, cara konsumsinya, anda bisa mengonsumsinya secara biasa sebagai sayur makan.

·         Air (Mineral)
Dalam keadaan normal, anda membutuhkan air 7 sampai 8 gelas perharinya. Namun, pada masa kehamilan, anda membutuhkan lebih banyak, karena anda akan sering kali buang air kecil dan berkeringat.

Ibu hamil biasanya merasa mual bila harus minum air putih dalam jumlah besar. Untuk mengatasi hal itu, anda boleh menggantinya dengan jus buah

·         Vitamin
Vitamin, merupakan salah satu unsur penting bagi ibu hamil. Usahakan anda banyak mengonsumsi vitamin B6 yang berfungsi untuk mengatur penggunaan protein dalam tubuh, B12 dan asam folat untuk pembentukkan sel-sel darah, dan vitamin B1 dan B2 untuk tambahan energi.

Vitamin ini dapat diperoleh dari : sayur hijau, buah-buahan, sereal, ikan, daging, susu, hati, dan telur.

Adapun makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, diantaranya : makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis buatan (makanan kalengan), makanan ringan (keripik kentang dan soda), daging yang tidak diolah sempurna (steik), alkohol (karena dapat membahayakan janin), merokok, kafein (kopi dan coklat), dan hindari juga tempat yang berpolusi tinggi, karena pada asap kendaraan dan rokok terdapat zat timah hitam yang mampu mengakibatkan kecacatan bahkan kematian bagi bayi.

Sudahkah anda mencoba tips memilih makanan sehat unuk ibu hamil ini ? Jika belum, maka cobalah agar kesehatan dan keselamatan bayi anda terjamin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tips Ibu Hamil Dalam Memilih Makanan Sehat Tips Ibu Hamil Dalam Memilih Makanan Sehat Reviewed by Unknown on 12.18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Dapatkan Penawaran Toyota Agya Terbaik Disini

Dapatkan Penawaran Toyota Agya Terbaik Disini
Toyota Agya Murah
Diberdayakan oleh Blogger.